Program Rutin

santunan-yatim-mabi

Memberikan santunan anak yatim sering menjadi pilihan masyarakat dalam berbagi rezeki kepada sesama. Hadis Nabi Muhammad Saw. pun menganjurkan demikian, sebab keutamaan dan pahala seseorang yang membantu anak yatim begitu besar.

Kegiatan Santunan anak yatim dan dhuafa merupakan suatu bentuk cinta kasih dan kepedulian terhadap anak yatim dan dhuafa dalam mengurangi beban kebutuhan hidup mereka.

Program ini dilakukan rutin setiap bulan diberikan sebagai bentuk kepedulian pada keperluan mereka. Beberapa jenis santunan yang biasa diberikan adalah sebagai berikut.

  • Kebutuhan hidup dasar, dapat disampaikan secara insidental atau pada momen hari raya. Biasanya berupa paket sembako, uang tunai, pakaian, atau sumbangan hari raya.
  • Kebutuhan pendidikan. Biasanya, Anda dapat memberikan beasiswa rutin per bulan (terutama bagi anak yang berprestasi), bantuan tunai biaya pendidikan, dan bantuan berupa peralatan sekolah pada awal tahun ajaran baru.
  • Kebutuhan untuk mengembangkan potensi. Meski bukan kebutuhan utama, pengembangan potensi tetap diperlukan guna memberikan bekal keterampilan dasar bagi anak yatim.

Melihat begitu banyak masyarakat yang masih membutuhkan makanan kami tergerak untuk membuat program berbagi makanan yakni #BerbagiMakan.

#BerbagiMakan merupakan Gerakan solidaritas masyarakat berbagi Makanan berupa nasi box kepada masyarakat prasejahtera yang di adakan setiap hari jumat dengan jumlah kurang lebih 150 nasi box.

Daerah distribusi kegiatan #BerbagiMakan adalah sebagai berikut :

  1. orang-orang yang membutuhkan yang temui dijalan (contoh: tukang air, tukang becak, tukang sapu, pedagang keliling, dan orang-orang lansia yang membutuhkan makanan)
  2. Pemulung
  3. Masyarakat dhuafa Lainnya
  4. Anak Yatim

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran diri untuk berbagi dan meringankan beban masyarakat prasejahtera yang kurang beruntung dalam mendapatkan makanan.

Dengan berbagi 1 Nasi Box dapat Membantu 1 Perut Yang Sedang Lapar.

berbagimakan
santunan-yatim-mabi

Yayasan Mufakat Al-Banna Indonesia pun memiliki program pendidikan. Khususnya pendidikan keagamaan islam, karena memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an dan pemahaman-pemahaman dinul islam kepada anak usia dini sangatlah penting.

Mengingat sangat pentingnya pendidikan keislaman tersebut, diwujudkanlah TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) Mufakat Indonesia yang berdiri pada tahun 2012 lalu. Hingga kini, proses pembelajaran terus berjalan dan Alhamdulillah telah memiliki 100 santri binaan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari sabtu-minggu dan dikategorikan kedalam 3 kelas berbeda :

  • Kelas siang yang dimulakan pukul 14.00 WIB s/d 16.00 WIB
  • Kelas sore dari pukul 16.00 s/d 18.00
  • Kelas malam, dimulai pukul 18.00 s/d 20.00 WIB

Hadirnya TPQ Mufakat ditengah-tengah masyarakat sedikitnya telah membarikan dampak positif bagi anak-anak untuk lebih semangat dalam menimba ilmu agama. TPQ Mufakat juga diharapkan dapat mencetak generasi yang qur'ani dan berakhlakul karimah, serta menjadi kebanggaan orang tua dan bangsanya.

Sebagai salah satu alternatif memanjatkan do'a dan puji-pujian kepada Allah SWT, yayasan Mufakat Al-Banna Indonesia menggelar kegiatan istighoshah dan do'a bersama. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari kamis (malam jum'at) ini dihadiri oleh adik-adik yatim dan santri TPQ Mufakat binaan yayasan, terkadang pula kedatangan para donatur yang sengaja hadir untuk istighoshah dan do'a bersama adik-adik disini.

Di penghujung kegiatan ini, kami berbagi gizi dengan memberikan snack bergizi, seperti susu dan roti (kue-kue). Selain memanjatkan do'a untuk segala kelancaran kegiatan di yayasan, do'a titipan dari para donatur juga kami panjatkan pada moment istighoshah ini.

Istighoshah rutin ini diharapakan mampu menjadi energi positif bagi yayasan dan para civitasnya untuk menjalankan setiap program dan aktifitasnya.

berbagimakan