Jangan Bersedih Saat Allah Tengah Mengujimu

Tidak jarang orang mengeluh saat Allah tengah mengujinya dengan kekurangan atau pun dengan keterbatasan, namun ironisnya bila Allah tengah menguji dengan kebahagiaan dan keadaan serba ada atau tercukupi banyak yang terlena dengan semua itu. Allah tidak hanya menguji hambaNya dikala sempit, namun bisa juga dikala lapang. Dan bagaimana kita menyikapi semua itu?? bukankah segala sesuatu yang kita kerjakan menjadi suatu amalan yang akan kita pertanggung jawabkan di yaumil akhir nanti.

Kesedihan dan keputusasaan yang berkepanjangan bukanlah sebuah solusi yang baik dalam menghadapi segala persoalan hidup.
Ketika kita mengeluh : "Ah.. mana mungkin?"
Allah menjawab : "Jika Aku menghendaki, cukup Aku berkata "Jadi" , maka jadilah (QS.Yasin;82 )
Ketika kita mengeluh : "Berat sekali ya, gak sanggup rasanya..."
Allah menjawab :  "AKU tidak membebani seseorang,melainkan sesuai dengan kesanggupannya". (QS.Al-Baqarah :286 )
Ketika kita mengeluh : "Stress nich, bingung ?"
Allah menjawab : "Hanya dengan mengingatku hati akan menjadi tenang". (QS. Ar-Ra'd : 28 )
Ketika kita mengeluh : "saya sendirian gak ada seorang pun yang mau membantu.."
Allah menjawab : "Berdoalah (mintalah) kepadaKu, niscaya AKU kabulkan untukmu". (QS.Al Mukmin : 60 )
Ketika kita mengeluh : "Ampun susah banget ini kerjaan.. "
Allah menjawab : "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"( QS. Al-Insyirah :6-7 )
So, apa gunanya kita mengeluh?? Apa gunanya kita galau?? bukankah Allah telah memberikan solusi dari setiap persoalan hidup dengan segala firmanNya yang terkandung di dalam kitab suci Al Qur'an.

Hidup adalah Pilihan ( LIFE IS A CHOICE ) kita yang sekarang adalah hasil pemikiran kita dimasa lalu, dan kita dimasa mendatang adalah hasil pemikiran kita sekarang. Jangan sia-siakan waktu dalam perjalanan hidup kita isi dengan segala kebaikan-kebaikan.
Semoga tulisan-tulisan ini bukan hanya sekedar menjadi bacaan saja tapi mampu memberikan manfaat kepada kita semua, menjadi motivasi kita semua untuk menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT. Walhamdulillahi Rabbil'alamin...