logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Pentingnya Perawatan dan Servis AC

Pentingnya Perawatan dan Servis AC

Penggunaan Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Takhanya di kantor,di rumah pun alat ini menjadi penolong utama untuk mengusir udara panas bahkan pada saat ini banyak produk AC yang tidak hanya sebagai pendingin ruangan sekaligus sebagai pembersih udara.

Untuk itu perawatan AC sangat di perlukan. Walaupun pemeriksaan komponennya di serahkan pada teknisi, tak ada salah nya  anda mengetahui komponen mana saja yang harus diberi perhatian khusus.

Pemeriksaan AC Maintenance pada komponen saringan (filter) Udara setidak nya minimal sebulan sekali. Penyaringan pada (Central AC) yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadikan tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri maupun  jamur. 

Bakteri inilah yang akan mengalir kebagian evaporator coil kemudian tersebar keseluruh ruangan yang terjangkau hawa AC. Kemudian komponen pendingin udara ruangan anda yang kotor dapat mempengaruhi kinerja system pendingin (Central AC) menjadi lebih berat, tidak menghasilkan dingin yang maksimal dan boros.

Pastikan alat kondensor (AC Maintenance) yang terletak di luar rumah bersih dari debu, semak-semak dan dedaunan. Tentu saja sebelum anda melakukannya matikan pendingin ruangan anda terlebih dahulu, anda bisa membersihkan debu kondensor dengan menggunakan vacum cleaner.

Untuk amannya, Pendingin ruangan harus mendapatkan perawatan rutin (AC Maintenance) minimal 3 (tga) bulan sekali, Ada pemeriksaan secara total dilakukan oleh teknisi yang dapat dipercaya dan berpengalaman. Dengan dilakukannya perawatan rutin ini tidak hanya kesehatan anda seluruh pengguna terjamin, usia pendingin ruangan anda juga lebih panjang dan biaya listrik anda akan tetap stabil hingga setiap bulan.

Yayasan Mufakat Al-Banna Indonesia Melalui MABI Teknik akan membantu mengatasi permasalahan pendingin udara anda dan dapat dijadikan mitra dalam menjaga kualitas kinerja AC anda.

Dalam pelaksanaan maintenance support di lapangan MABI Teknik akan mengirim staf teknisi sebanyak 2 (dua) orang atau lebih ke tempat customer untuk melakukan pekerjaannya. Pekerjaan maintenance support dilakukan pada hari atau tanggal sesuai kontrak. Pekerjaan Maintenance Support berlangsung menjadi 2 bagian, sebagai berikut:

1.Pemeriksaan Maintenance pada komponen saringan filter udara dilakukan secara berkala 3 bulan sekali.
2.Pemeriksaan Maintenance pada unit Indoor/Outdoor AC secara keseluruhan dilakukan berkala 3 bulan sekali yang meliputi :

Membersihkan cashing unit Indoor ini dimaksudkan agar grill udara masuk dan saluran tidak terhambat oleh kotoran debu, unit terlihat selalu bersih dan nyaman dipandang mata.
Membersihkan Filter, bilah pengarah udara horizontal, bilah udara vertikal, lubang udara keluar dan kipas. Dimaksudkan agar udara yang keluar tidak terhambat, menjadikan udara yang dihasilkan AC ruangan anda bersih, sehat, dan menghemat biaya listrik anda.
Membersihkan cashing unit Outdoor Vant, pemeriksaan maupun pengukuran ampere kompresor dan volume Psi Freon (ini dimaksudkan agar kompresor dan dingin yang dihasilkan alat pendingin ruangan anda lebih terkontrol dan lebih optimal penggunaannya).

Adapun keuntungan dengan adanya kerja sama service ini adalah : 
Rumah tinggal atau Gedung perkantoran Anda akan terasa lebih nyaman karna kondisi ruangan yang diatur oleh AC yang terawat secara berkala dan profesional. 
Hemat Energi dikarnakan anda tidak akan mendapati kotoran yang menghambat laju udara yang akan memperlama proses pendinginan udara diruangan Anda sehingga mesin harus bekerja exstra. 

Mesin AC anda akan awet dan tahan lama, hal ini pasti menjadi salah satu keinginan Anda.

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013