logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > SUDAHKAH ANDA BELAJAR HIDUP SEHAT ???

SUDAHKAH ANDA BELAJAR HIDUP SEHAT ???

Kesehatan tidak jauh dari bagaimana kita mengatur pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup. Banyak orang yang disibukkan dengan segala aktivitas dan pekerjaan, dengan alasan dengan rajin bekerja maka banyak uang yang didapat dan tentunya akan mampu memenuhi kebutuhan dan kebahagiaan hidupnya. Namun sangat disayangkan, bila banyak energi yang mereka keluarkan namun tidak mereka asupi dengan makanan yang sehat. Tidak jarang orang yang lebih memilih makanan siap saji daripada meluangkan waktu untuk memasak sendiri. Padahal makanan siap saji dari segi kualitas tidak menjamin baik untuk kesehatan dan dilihat dari sektor ekonomi tentu saja dinilai lebih boros. Makan enak tidak tentu sehat, Makanan sehat sudah tentu enak. Karena dengan makan atau mengkonsumsi makanan sehat badan kita juga akan terasa lebih segar dan bertenaga sehingga melakukan segala aktivitas pun terasa ringan, enak, dan menyenangkan.
Untuk pola makan sehat kita dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa sayuran mentah, diantaranya brokoli, wortel, taoge, terong, kemangi, timun,kacang panjang, dan bunga kol. Alasan kenapa kita dianjurkan makan makanan mentah ( Vegetaria) karena sayuran yang dimasak akan mengurangi kandungan nutrisi dan enzim, akibat pemanasan.

Beberapa enzim juga dapat hilang oleh panas ketika dimasak. Sayuran seperti bawang putih, kembang kol, dan brokoli mengandung enzim khusus dengan sifat anti-kanker. Namun, pemanasan sayuran ini menghilangkan sifat baik ini.
 Selain hilangnya nutrisi, aktivitas enzim, memasak sayuran kemungkinan akan mempengaruhi indeks glikemiknya. Indeks glikemik adalah kemampuan karbohidrat dalam makanan untuk meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, sayuran mentah mungkin lebih berguna bagi yang bermasalah dengan berat badan dan penderita diabetes.
    
Sebagian besar sayuran ketika dikonsumsi mentah meninggalkan kandungan yang membantu dalam penyerapan lebih baik dari beberapa nutrisi. Bahkan, sayuran mentah telah ditemukan akan sangat terkait dengan perlindungan terhadap kanker, terutama esofagus, lambung, dan kanker payudara dibandingkan sayuran yang dimasak. Contoh Brokoli lebih baik mentah, karena enzim dalam brokoli membantu membersihkan liver/hati dari karsinogen, sedangkan pemanasan akan menonaktifkan myrosinase, begitu juga pada mentimun, Mentimun kaya akan mineral, sayuran ini memegang kombinasi unik dari nutrisi, menyediakan antioksidan yang berharga, anti-inflamasi, dan manfaat anti-kanker.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya sayuran adalah suatu keharusan untuk kesehatan yang baik dan pastikan memiliki campuran yang baik dari sayuran baik mentah dan dimasak untuk memaksimalkan manfaatnya. Tetapi perlu diketahui untuk sayuran mentah dapat menjadi sumber infeksi tergantung tingkat kebersihannya.
Sayangi diri dengan terus menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani, konsumsi makanan sehat nan halal, istirahat cukup serta diimbangi olahraga yang teratur. Dan senantiasa memjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat.
SEMOGA BERMANFAAT...... !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013