logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > DOA YANG TERKABUL

DOA YANG TERKABUL

Dia adalah ahli hadis termasyhur sepanjang masa. Lahir di Bukhara Uzbekistan. ia bernama Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Bardizbah Al-Ju’fi Al-Bukhari (196 H/810 M-256 H/870 M). Siapa saja yang belajar hadis pasti mengenal ulama bernama populer Imam Bukhari ini. 

Ibundanya begitu sedih melihat kondisi Bukhari. Begitu besar keinginannya untuk 
kesembuhan putranya yang tidak bisa melihat. Ibnu Hajar dalam 'Hadyu As-Sari' 
meriwayatkan bahwa ibunda Bukhari berdo'a untuk kesembuhan putranya. Pada suatu malam ibunda Bukhari bermimpi, melihat Nabi Ibrahaim yang berkata,"Hai Fulanah sesungguhnya Allah telah mengembalikan penglihatan puteramu karena seringnya kamu berdo'a." Pagi Harinya ibundanya menyaksikan bahwa penglihatan putranya telah normal kembali.

Subhanallah. Ini adalah salah satu contoh keajaiban sebuah do'a. Dan masih banyak lagi do'a-do'a yang terkabul seperti do'a para Nabi, sholihin, para wali dan lain-lain. Ada apa dibalik do'a yang terkabul atau mustajab?

Tentunya sebagai manusia yang menyadari bahwa dalam kehidupan ini ada dzat yang Maha Kuasa, Maha Pengasih dan Penyayang, apapun agama dan kepercayaannya mereka, bisa dipastikan akan memanjatkan do'anya kepada yang di anggap Yang Maha Kuasa tadi. Dan merekapun meyakini ada ketentuan-ketentuan atau waktu-waktu tertentu yang istimewa untuk berdo'a.

Bagaimana dengan tuntunan islam agar do'a cepat terkabul?
1. Berdoa Di Waktu Yang Mustajab
Cara berdo'a cepat terkabul yang pertama adalah berdo-a pada waktu-waktu mustajab seperti berdoa pada waktu:
-bulan Ramadhan,
-antara Adzan dan Iqomah, 
-berdo'a pada sepertiga malam terakhir, 
-berdoa disaat hujan dan 
-ketika puasa menjelang waktu berbuka. 
Seperti beberapa hadist yang berbunyi :
” Do'a tidak akan tertolak pada 2 (dua) waktu yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun”, dan ” Allah akan turun kelangit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir, Allah berfirman : ” Siapa yg berdo'a kepadaku maka aku akan kabulkan, siapa yg meminta maka akan aku beri, dan siapa yg memohon ampunan pasti aku ampuni” .

2. Menghadap Kiblat dan Mengangkat Kedua Tangan
Seperti dalam sebuah Hadist yang shahih, Nabi Muhammad Saw bersabda : ” 
Sesungguhnya Allah Swt Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (Tidak dikabulkan)”..

3. Dengan Suara Lirih dan Khusyu
Berdo'alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yg lembut. ” Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas (QS : Al-Araf”:55)”.

4. Yakin do'a Akan Dikabulkan Allah
Berdo'alah kepada Allah dan kalian yakinlah akan dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah tidak mengabulkan do'a dari hati yg lalai, dan lengah dengan do'a-Nya ( HR. Tirmidzi).

5. Tidak tergesa-gesa dalam berdo'a
Dari Abu Hurairah, Bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda : ” Akan diijabahi do'a kalian, jika tidak berdo'a dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdo'a, maka atau kenapa tidak diijabahi ?” ( Imam Bukhari).

6. Mulailah Berdoa Dengan Memuji Allah
Karena yg akan mengabulkan do'a kalian adalah Allah Sang pecipta alam yg Maha 
Pemurah dan Maha Penyayang sehingga sebelum berdo'a ada baiknya anda membaca atau berdzikir dengan memuji nama Allah dengan khusyu dan ikhlas.

7. Mengakhiri Dengan Shalawat Nabi
Nabi Muhammad Saw merupakan Nabi terakhir dan Nabi yg sangat dicintai oleh Allah Swt dan bacalah shalawat Nabi.

Demikianlah uraian singkat mengenai do'a, mudah-mudahan bermanfaat. Amin Ya Rabbal A'lamin

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013