logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Bijak Menggunakan Gadget

Bijak Menggunakan Gadget

Aku menghabiskan waktu berjam-jam di sebuah pos pembayaran bersama ayah, hanya untuk membayar tagihan-tagihan rutin, PLN, PAM dan lain-lain. Dan ini dilakukan ayah setiap bulannya.  Akupun tak bisa menahan untuk tidak bertanya,"Kenapa ayah tidak aktifkan saja internet banking?"

"Kenapa kita mesti melakukan itu nak?" Ayahku balik bertanya.

"Ya, supaya kita tidak menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membayar tagihan-tagihan. Bahkan kita bisa belanja on line, dan segala sesuatunya menjadi sangat mudah," Akupun bersemangat memperkenalkannya dengan dunia internet banking.

"Jadi kita tidak perlu keluar rumah?" tukas ayah.

"Betul ayah," kataku bersemangat. Aku bercerita bahkan makanan, jasa tranportasi, dan lain-lain, bisa dipesan dari sebuah aplikasi di gadget.

Jawaban ayah membuatku tercenung.

"Sejak ayah sering datang ke Pos Pay, ayah  bertemu dengan empat teman ayah, mengobrol sebentar dengan pegawai bank yang sudah mengenal keluarga kita dengan baik. "Kamu tahu, Nak, ayah dan ibumu tinggal sendirian, temanlah yang kami perlukan."

Ayahku melanjutkan,"Saat ini, bagi ayah, pertemuan dengan orang lain terasa penting. Dua tahun lalu ayah jatuh sakit. Pemilik warung dan anaknya, langganan ayah, menjenguk ayah, duduk diruang keluarga, mengobrol, dan menghibur kami. Ketika ibumu jatuh waktu jalan pagi beberapa hari yang lalu, petugas keamanan keliling melihatnya, dan mengantarkan ibu ke rumah, sebab dia tahu dimana kami tinggal."

"Apakah ayah dan ibu akan mengalami sentuhan manusia jika segala sesuatunya menjadi on line?
Ayah ingin mengenal pribadi yang berelasi dengan ayah, bukan sekedar 'seller'. ini menciptakan ikatan dan rasa aman.
"Nak, teknologi memang penting, tapi bukanlah inti kehidupan. Ingat untuk meluangkan waktu bersama orang-orang disekitarmu, bukan dengan gadget."

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013