logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Percaya Diri Terhadap Potensi Diri Kita

Percaya Diri Terhadap Potensi Diri Kita

Suatu hari di lapangan yang luas, daerah perbukitan, seekor rusa menyadari ada singa yang tengah mengintai dan hendak memburunya. Maka, ia pun berlari dengan cepat untuk menyelamatkan diri.

Namun dalam hatinya, ia yakin betul bahwa singa akan memangsanya. Ia meyakini bahwa dirinya lebih lemah dibandingkan dengan singa, sehingga terasa mustahil bagi dirinya untuk bisa lolos dari sergapan singa.

Ketakutannya pada singa, ketakutannya bahwa dirinya tidak akan lolos dari terkaman singa, membuat rusa berkali-kali menoleh ke belakang, mencoba memperkirakan seberapa jauh jarak singa yang ada belakangnya.

Tanpa disadari, pemikiran dan usahanya itu membuat lari rusa semakin lambat dan membuat singa yang berlari bisa menyusul dan menerkamnya.

Andai saja rusa tidak sering melihat ke belakang, niscaya kecepatannya akan stabil dan singa tidak dapat memangsanya. Kalau saja rusa mengerti betul titik kekuatannya ada pada kakinya yang ramping dan kecepatannya yang luar biasa, niscaya dia akan selamat dari cengkeraman singa.

Hikmah dalam Cerita ini antara lain :

Banyak sekali waktu yang sudah kita buang untuk melihat ke belakang, sehingga kita pun akhirnya “dimangsa” oleh kegagalan-kegagalan masa lalu kita.

Seringkali ketakutan-ketakutan kita pada kegagalan membuat kita jatuh ke dalamnya.

Rasa minder atas diri sendiri pun, membuat kita tidak percaya bahwa kita mampu menggapai sukses. Pada akhirnya, perasaan dan pikiran negatif benar-benar akan membuat hidup kita lemah.

Maka, jangan pernah meragukan potensi dalam diri. Jangan pernah takut tak bisa berprestasi. Jangan pernah menyerah untuk menggapai cita-cita. Bahkan, di tengah kelemahan, pasti ada kemampuan yang bisa diasah, yang mampu membuat kita jadi makhluk yang lebih baik lagi.

Kelebihan/bakat tidak selalu muncul sedari dini. Sering kali harus “diadu” terlebih dahulu dengan tantangan dan cobaan, maka baru akan terlihat.

Mari, kuatkan semangat. Tumbuhkan rasa percaya diri! Apa pun peran kita saat ini, di mana pun kita berkarya saat ini, terus berjuang dengan maksimal.

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013