logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Kejujuran Merupakan Kebutuhan Penting

Kejujuran Merupakan Kebutuhan Penting

Jujur merupakan kata yang mudah untuk dikatakan, akan tetapi berat dalam pelaksanaannya. Kejujuran memancarkan kewibawaan, karena orang yang berlaku jujur dapat menepiskan segala prasangka buruk, dia berani karena benar. Benar atau jujur dalam perkataan artinya mengatakan sesuatu keadaannya yang sebenarnya, tidak mengada-ngada dan tidak menyembunyikan. Akan tetapi, bila yang disembunyikannya itu suatu rahasia atau menjaga nama baik seseorang, maka itu diperbolehkan.

Benar atau jujur dalam perbuatan ialah melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan aturan atau petunjuk agama. Apabila menurut agama itu diperbolehkan, maka itu benar, dan bila perbuatan itu menurut agama dilarang, berarti perbuatan itu tidak benar. Benar atau jujur kepada orang lain tidak hanya sekedar berbuat dan berkata yang benar, akan tetapi harus berusaha memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW "sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi orang lain."

Allah SWT meminta kepada manusia dalam membina kehidupan ini supaya berlaku benar dan jujur, Karena kebenaran merupakan hal yang pokok dalam kehidupan manusia. Akan tetapi sebaliknya, apabila manusia melalaikan hal yang pokok ini, maka kehancuran dan kekacauan yang akan menimpa manusia. Oleh karenanya berpegang teguh pada kejujuran dan kebenaran dalam segala hal merupakan faktor yang penting dalam membina akhlak bagi setiap manusia.

Benar atau jujur pada diri sendiri berarti kita harus bersungguh-sungguh untuk meningkatkan kemampuan dan tujuan hidup kita untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi orang lain, yaitu dengan memperlihatkan diri kita yang sebenarnya, tanpa dibuat-buat, bersih dan lurus.

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013