logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Bersyukur Tanda Terima Kasih Kepada-Nya

Bersyukur Tanda Terima Kasih Kepada-Nya

Seringkali kita salah dalam melafadzkan segala rasa syukur. Kesalahan, yang harus diperbaiki pada umumnya adalah kita selalu menggunakan kata Jazakallah Khoir untuk setiap orang, terlepas dari laki-laki maupun perempuan. Perlu kita ketahui bahwa dalam kaedah bahasa Arab Jazakallah Khoir ialah ungkapan berterima kasih atau rasa syukur kepada setiap orang yang membantu kita.

Orang-orang yang berinfak dan yang ingin menolong secara sukarela, agar bisa menjaga keikhlasannya dan bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT. Ada dalam firman Allah SWT " Sesungguhnya kami memberi makanan kepada kalian hanya mengharapkan ridha Allah, kami tidak mengharapkan balasan dari kalian dan tidak pula ucapan terima kasih" (QS.Al-Insan:9)

Namun, meskipun demikian Allah SWT memerintahkan bagi si penerima untuk membalas dan berterima kasih kepada orang yang memberi kebaikan kepadanya. Rasulullah SAW juga mempraktikkan bagaimana cara membalas rasa terima kasih, pernah tatkala itu beliau diberi hadiah berupa daging kambing yang telah di panggang oleh sebagian dari sahabat Anshor ialah Abdullah bin amru bin haram dan keluarga.

Rasulullah SAW membalas dengan mengucapkan " Jazahullahul Anshor anna khoiron la siyama Abdullah ibnu Amru ibnu haram, wa sa'ad ibnu Ubadah " (HR. Al-Hakim)

Maka janganlah seseorang di antara kita mudah melupakan budi baik dari orang lain. Sesungguhnya seseorang yang melupakan budi baik dari orang lain ialah seseorang yang tidak pandai berterima kasih dan bersyukur. Karena dengan berterima kasih kepada sesama atas kebaikan mereka adalah bagian dari rasa bersyukur kepada Allah SWT.

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013