logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Rezeki Yang Sesungguhnya

Rezeki Yang Sesungguhnya

Rezeki dalam islam bukan semata benda atau harta. Tetapi, rezeki merupakan semua apa yang ada dalam kehidupan manusia, berupa kesehatan, waktu, kesempatan, keluarga, teman, tetangga, lingkungan sekitar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah mengapa Allah SWT selalu mengingatkan kepada manusia bahwa nikmat (rezeki) yang Allah berikan kepada manusia sungguh tidak akan pernah dapat terhitung. Karena, Allah SWT telah menyediakan untuk umat manusia apa saja yang diperlukan manusia dalam segala situasi dan kondisi.

"Dan dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)." (QS.Ibrahim:34)

Allah SWT selalu memberikan rezeki kepada semua makhluk-Nya. Akan tetapi, tidak semua mendapatkan rezeki yang mulia dari-Nya. Allah berfirman "Maka orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia" (QS. Al-Hajj:50) dan Ibn katsir mengutip pernyataan Muhammad bin ka'ab al-Qurazhi. "Apabila engkau mendengar firman Allah SWT (wa rizqun karim) dan rezeki yang mulia, maka rezeki yang mulia itu adalah surga."

Maka dari itu sebaik-baiknya rezeki itu ialah surga. Jadi, dalam kehidupan dunia ini kita harus mengutamakan dua perkara penting, yaitu iman dan amal shaleh. Karena hanya keduanyalah yang dapat mengantarkan setiap jiwa mendapatkan rezeki yang mulia. Sangat tidak patut bila seorang Muslim merasa dirinya terhina hanya karena kurang harta. Apalagi sampai berani mengambil keputusan yang tidak benar dalam kehidupannya karena alasan kemiskinan yang dia alami.

Oleh sebab itu, para Nabi dan Rasul tidak pernah berbangga denga harta dan benda yang mereka punya. Justru para Nabi dan rasul lebih memilih hidup susah demi rezeki yang mulia di sisi Allah SWT. Akan Tetapi, Islam tidak mengharamkan umatnya kaya raya. karena kekayaan yang disertai iman dan amal shaleh juga bisa mengantarkan seseorang pada derajat yang mulia di Sisi Allah SWT.

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013