logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Tanamkan Perilaku Terpuji Dalam Kehidupan

Tanamkan Perilaku Terpuji Dalam Kehidupan

Perilaku terpuji ialah segala sikap, ucapan, dan perbuatan yang baik sesuai ajaran islam. kendatipun manusia menilai baik, namun apabila tidak sesuai dengan ajaran islam, maka hal itu tetap tidak baik, sebaliknya, walaupun manusia menilai kurang baik, apabila islam menyatakan baik, maka hal itu tetap baik. Kita sebagai umatnya tentunya ingin dapat mengikuti apa yang menjadi tuntutan Rasulullah Saw sebagai saritauladan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang baik akhlaknya tentunya didalam pergaulan sehari-hari akan senantiasa dicintai oleh sesama, dan tentunya kelak mereka dihari kiamat akan masuk surga-Nya bersama orang-orang beriman lainnya. Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam hadistnya " sesungguhnya (orang) yang paling aku cinta diantara kalian dan orang-orang paling dekat tempatnya dari ku pada hari kiamat adalah orang yang paling baik budi pekertinya diantara kalian."

Harta yang banyak, pangkat yang tinggi atau dimilikinya beberapa gelar kesarjanaan tak mampu mengangkat derajat manusia tanpa dimilikinya akhlak terpuji. Islam hadir dimuka bumi sebenarnya sangat mengedepankan akhlak terpuji karena Rasulullah sendiri diutus untuk menyempurnakan Akhlak sebagaimana sabda Rasulullah, "Susungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak". Dalam menghadapi kehidupan didunia ini, Allah telah memberikan kepada semua manusia antara lain berupa panca indra, akal dan sebagainya. Namun tidak semua makhluk sama, karena beberapa sebab mereka mengalami kekurangan seperti, karena lanjut usia, karena cacat, lumpuh, dan sebagainya.

Kita tentu sangat beruntung dibandingkan dengan mereka, kita dapat membayangkan bagaimana caranya mereka menjalani kehidupan ini. Untuk mereka yang masih berkecukupan dan mempunyai sanak keluarga yang mampu, yang dapat membantu menghidupi keperluan hidupnya mungkin bisa lebih mudah. Dibandingkan mereka yang sudah tidak mempunyai sanak keluarga yang mampu, anggota masyarakat seluruhnyalah yang menjadi harapannya.

Untuk itu, umat Islam berkewajiban mengeluarkan sebagian hartanya melalui ZAKAT untuk membantu keperluan hidup mereka. Adapun bagi orang Islam yang mempunyai sedikit kelebihan dari keperluan hidupnya sehari-hari dapat membantunya dengan menyisihkan sedikit hartanya untuk membantu mereka yang kekurangan sesuai dengan kemampuannya. Alangkah indahnya ajaran islam yang memperintahkan kita untuk berakhlakul Karimah. jika hidup kita dihiasi dengan akhlak terpuji tentunya akan dicintai oleh Allah SWT dan hidup ini akan menjadi baik, tenteram dan damai.

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013