logo
Donatur | Alamat Kantor
       
Home > Article > Keistimewaan Bersedekah

Keistimewaan Bersedekah

Sedekah mempunyai banyak amal kebaikan sebagaimana Allah berfirman dalam al-Quran surah An-Nisa ayat 114, "Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar." 

Khusus amalan sedekah, akan dilipatkan-gandakan lagi sesuai kehendak Allah, yang kemudian ditambah lagi dengan mendapatkan berbagai keutamaan sedekah, diantaranya:

1. Sedekah dapat menambahkan harta kekayaan, jadi jangan takut berkurang rezekinya karena bersedekah. Sebab sedekah itu akan meluaskan, melapangkan dan membuka pintu rezeki. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah“. Dan Allah SWT berfirman dalam QS. Saba ayat 39: “Apapun harta yang kalian infakkan maka pasti Allah akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki“.

2. Orang yang bersedekah akan dimasukan kedalam surga tanpa hisab dan siksa karena sedekah dengan penuh keikhlasan tanpa diumbar-umbar dengan niat sedekah karena Allah Ta'ala akan membukakan pintu surga bagi orang-orang yang gemar bersedekah.

3. Sedekah merupakan salah satu amal yang tidak putus sampai mati, sedekah yang diberikan dalam bentuk apapun akan memberikan manfaat banyak bagi orang lain. Sehingga pahalanya pun akan terus mengalir kepada orang yang melakukan sedekah ini meski orang tersebut telah meninggal dunia. Namun perlu diketahui bahwa inti dari sekedah ini adalah niat yang tulus serta ikhlas. Bukan karena mengharap pujian dan kebanggaan diri dari mata manusia lainnya.

4. Bersedekah dapat menyembuhkan penyakit “Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah” (Dihasankan oleh syaikh Albani dalam Shahihul Jami’). Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga mengobati penyakitnya dengan obat ruhiyah sekaligus obat ilahiyah. Para salafush shalih juga mengeluarkan sedekah yang sepadan dengan penyakit dan musibah yang menimpa mereka yakni dengan cara mengeluarkan harta mereka yang paling mereka cintai.

semoga dapat memberikan motivasi kepada kita sebagai umat Muslim untuk gemar bersedekah walau hanya sedikit, lakukanlah secara terus menerus.

Mitra Kami

Beranda | Tentang | Program | Galeri | Artikel | Kegiatan | Kontak Kami
Copyright © MABI foundation 2013