Asal usul puasa sunnah Senin Kamis

SUATU ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, "Wahai Rasulullah, kenapa engkau berpuasa pada hari Senin dan Kamis?"

Seketika Rasulullah menjawab: " Hari itu saya dilahirkan, hari itu saya di utus, dan dihari itu alquran diturunkan kepadaku." (HR.Muslim, Ahmad, dan Abu Daud)

Pada kesempatan lainnya, Aisyah radhiallahu 'anhu menuturkan kalau Rasulullah, sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa Senin-Kamis. (HR.Tirmidzi, NasaI,Ibnu Majah dan Ahmad).

Lalu Rasul, menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya: "Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa." (HR.Tirmidzi dan lainnya)

Keutamaan lain dari hari Senin adalah seperti yang dikatkan Ibnu Abbas, "Rasulullah dilahirkan pada hari Senin, pergi hijrah dari Makkah hingga Madinah pada hari Senin, datang di Madinah pada hari Senin, meninggal pada hari Senin dan mengangkat Hajar Aswad pada hari Senin." (HR.Imam Ahmad)

Diriwayatkan dari Umar bin Bakir dari Ibnu Luhaiah ia menambahkan, "Surat al-Maidah diturunkan pada hari Senin, Al Yauma akmaltu lakum."

Diriwayatkan dari Musa bin Daud, ia menambahkan, "Perang Badar terjadi pada hari Senin."

Sementara, keutamaan lain hari Kamis adalah bahwa ia merupakan hari yang diberkahi. Mengapa bisa begitu? Ini tidak lain karena hari Kamis mendapatkan keberkahan dari doanya Rasulullah. Beliau telah berdoa untuk umat ini:

"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka di hari Kamis." (HR.Ibnu Majah dan Al-Bazzar)

Dalam riwayat yang lain disebutkan, Rasulullah bersabda: "Berpagi-pagilah kalian dalam mencari ilmu. Sungguh aku telah meminta kepada Rabbku agar memberi keberkahan pada umatku di waktu pagi mereka. Dan Dia menjadikan keberkahan itu pada hari Kamis." (HR.Thabrani)

Adapun manfaat Puasa senin kamis bagi kesehatan

Mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh

Puasa Senin Kamis dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun yang bercampur dengan lemak, darah atau bagian lainnya dapat dikeluarkan dengan cara berolahraga dan gak mengonsumsi makanan serta minuman selama sehari. Sehingga dengan puasa Senin Kamis, racun dapat dikeluarkan secara efektif.

Membantu peremajaan sel kulit

Sel kulit manusia yang telah mati perlu diganti atau yang dikenal dengan istilah peremajaan. Puasa Senin Kamis dapat membantu sel-sel kulit bekerja lebih aktif lagi. Karena pada saat puasa, metabolisme akan terhenti dan sel tubuh akan bekerja lebih aktif, termasuk sel-sel kulit.

Mengurangi risiko terkena penyakit diabetes

Salah satu faktor penyebab penyakit diabetes adalah penurunan fungsi insulin. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resistensi insulin adalah dengan berpuasa. Menurut penelitian, orang yang menjalankan puasa dengan rutin mengalami penurunan kadar gula dara hingga 6 persen. Sehingga, jika kamu melakukan puasa Senin Kamis risiko terkena penyakit diabetes akan rendah.

Mampu mengatasi kecanduan

Puasa dapat memberi kesempatan pada tubuh untuk menghentikan kebiasaan yang kurang baik. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula atau makanan-makanan manis. Sehingga jika kamu berpuasa, konsumsi makanan atau minuman tersebut menjadi berkurang.

Membuat jiwa lebih tenang dan bahagia

Tanpa disadari, puasa dapat membuat kita lebih bisa mengontrol pikiran dan perasaan. Jika pikiran dan perasaan bisa terkontrol dengan baik, jiwa pun menjadi tenang.

Selain itu, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin lebih tinggi saat puasa. Hormon ini dapat meningkatkan konsentrasi dan rasa bahagia. [taa]

Share This Article :

Article Yang Lain :

Image

Mencari Ridha Allah

Image

Sehat Itu Tidak Harus Mahal

Image

Fadillah Qurban